Persiapan Sederhana Sebelum Coba Skydiving

Jangan asal lompat saat bermain Skydiving! Ternyata ada sebuah persiapan yang nantinya mesti anda lakukan sebelum anda nantinya dapat mencoba skydiving. Penasaran apa sajakah persiapannya? Dalam artikel ini akan dibahas beberapa persiapan sebelum memulai Skydiving yang benar. Memacu adrenalin dengan cara melompat dari sebuah pesawat terbang dari kengan ketinggian ribuan meter memang benar-benar luar biasa untuk dicoba. Skydiving, adalah salah satu dari sebuah aksi ekstrem yang terkenal sekarang ini, dan menjadi sebuah olahraga yang juga banyak digilai berbagai kalangan, terutama para millennials yang ingin mencoba mencari tahu keberanian mereka sampai di mana. Apa anda pernah mencoba skydiving sebelumnya ? Banyak ketakutan yang nantinya akan menghinggapi jika ingin mencoba olahraga skydiving.

Persiapan Sederhana Sebelum Coba Skydiving

Mulai dari rasa takut akan sebuah ketinggian, sampai takut jika nantinya parasut tidak terbuka dan anda terjerembab begitu saja ke tanah. Ternyata dari sekian banyak kasus kecelakan saat melakukan skydiving, sangat kecil persentasenya terjadi dikarenakan parasut yang tidak membuka secara sempurna. Oleh karena itu, singkirkan sebuah rasa takut dan mulai berani untuk mencoba olahraga skydiving. Nah jika nantinya semangat anda sudah di dapat, anda juga harus mempersiapkan beberapa hal lainnya sebelum anda melakukan skydiving. Persiapan ini juga nantinya terkait dengan keselamatan diri anda selama terjun bebas tersebut. Penasaran apa saja persiapannya? Berikut ini hal yang menjadi persiapan sederhana sebelum anda mencoba skydiving.

Persiapan Skydiving Makan Dulu

Tapi anda jangan kebanyakan makan, secukupnya saja. Makan atau mengisi perut sebelum nantinya anda loncat di skydiving ternyata sangat dianjurkan. Hal ini terkait juga dengan stamina serta tekanan udara yang bisa saja akan sedikit menyakitkan telinga anda. Menjaga stamina tidak hanya dengan makan saja, nih tapi juga bisa dengan istirahat dan dengan tidur yang cukup. Hal ini juga nantinya akan dapat mengurangi rasa takut dan meringankan rasa sakit pada telinga anda karena tekanan udara yang besar, pada saat anda berada di sebuah ketinggian ribuan kaki.

Bahkan, ketika sebelum anda berangkat, anda bisa mengisi perut dulu dengan memasukan beberapa jenis snack atau makanan kecil serta juga kudapan lainnya. Jika anda nantinya ingin makan banyak, maka anda akan dikhawatirkan malah akan jackpot atau muntah. Hal ini juga bisa terjadi karena goncangan yang cukup keras di udara nantinya. Saat parasut akan dibuka dan anda bermanuver di udara – tentu perut akan sangat bergoncang, jadi daripada nantinya anda muntah anda bisa makan tapi tetap tidak terlalu banyak.

Persiapan Skydiving: Kosongkan Kantong Celana!

Mungkin yang satu ini terdengar sangat sederhana sekali, tapi ternyata hal ini akan sangat penting. Persiapan selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mengosongkan isi kantong celana. Jangan membawa ponsel atau bahkan membawa uang koin. Jadi, lebih baik taruh barang-barang berharga anda di tas atau loker. Mengosongkan isi dari kantong celana bahkan menjadi sebuah hal yang juga dibenarkan oleh Daniel, yang merupakan salah satu pemandu skydiving dari Gold Coast Sky Dive.

Menurutnya, mengosongkan sebuah kantong celana adalah langkah yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko barang tersebut hilang dan berbahaya untuk orang lain juga. Selain mengosongkan kantong celana, para pemandu biasanya juga akan menyarankan untuk melepas jam tangan. Kemudian, mereka juga akan menyarankan anda memakai pakaian yang nyaman, terlebih nyaman saat anda bergerak.

Persiapan Skydiving: Mendengarkan Pemandu

Buat anda yang baru mencoba skydiving, tentunya anda akan ditemani juga oleh seorang pemandu saat anda berada di udara nanti. Mereka nanti yang akan membantu anda untuk menjelaskan peraturan saat melakukan sebuah skydiving. Nah, jika ada hal yang ingin anda tanyakan, pastikan tanyakan saja ke mereka agar dapat jelas. Pada saat nantinya akan tandem, diharapkan anda untuk mendengar kan apa arahan yang akan diberikan dari para pemandu tersebut. Percaya kepada mereka karena mereka sudah cukup professional untuk menjalankan tugas atau pekerjaannya tersebut.

Persiapan Skydiving: Jangan Pejamkan Mata!

Jika anda memejamkan mata, tentunya skydiving akan tidak seru. Justru, skydiving adalah sebuah aksi ekstrem di mana anda akan berkesempatan untuk melihat sebuah keindahan alam dari sebuah ketinggian ekstrim. Jadi, pastikan saat anda mencobanya jangan memejamkan mata untuk keseruan yang penuh! Menurut para pemandu, walau nantinya ada sebuah rasa takut yang akan membuat anda memejamkan mata, maka hal indah akan terlewatkan, anda tidak bisa melihat dengan mata sendiri keindahan alam dari ketinggian. Jadi pastikan anda berani untuk membuka mata selebar-lebarnya.

Persiapan Skydiving: Eksis di Kamera, Dong!

Seperti yang sudah di bilang sebelumnya, jangan memejamkan mata.
Karena ada kamera yang akan dibawa oleh pemandu, dan nantinya akan digunakan saat terjun nanti. Jadi, selama skydiving anda bisa bergaya untuk tetap dapat eksis di media sosial! Dan jangan lupa jika anda sudah dekat dengan dataran maka bersiaplah untuk mendarat. Untuk pendaratan yang baik, pastikan untuk mengangkat kaki anda dan sila pada saat mendarat dengan kaki terlebih dahulu. Angkat kaki ke depan, agar nantinya tidak terjadi cedera.

Jangan ragu untuk bertanya

Saat anda nantinya hendak melakukan sebuah skydiving, Anda akan diberi sebuah pengarahan penting oleh instruktur. Pada pengarahan ini lah, Anda akan belajar tentang sebuah posisi tubuh yang diperlukan untuk keluar dan nantinya posisi yang perlu untuk anda ambil pada saat terjun bebas. Untuk pendaratan, Anda juga nantinya akan berlatih cara untuk mengangkat kaki.

Akan ada beberapa pelajaran singkat yang dilakukan sebelum Anda benar-benar melakukan sebuah lompatan. Dan penting bagi Anda untuk memahami semuanya dengan cara yang benar. Namun, jika Anda memiliki sebuah pertanyaan atau keraguan, jangan ragu untuk bertanya kepada instruktur dan mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda tersebut.

Perhatikan Batas Usia Minimal

Sebagai salah satu dari sebuah olahraga ekstrim, prosedur keselamatan dari olahraga skydive cukup tinggi. Tidak semua orang nantinya akan bisa mencobanya. Usia minimal yang diperkenankan untuk menjajal olahraga skydive adalah 18 tahun. Bukti usia minimal ini nantinya harus ditunjukkan sesuai dengan kartu identitas baik KTP atau pun juga paspor jika melakukannya di luar negeri yang valid.

Berat Badan Maksimal

Beruntunglah bagi anda yang memiliki berat badan di bawah 100 kilogram. Sebab, menurut sebuah prosedur skydive berat badan maksimum yang diperbolehkan untuk dapat mencoba olahraga ekstrem ini tidak lebih dari berat 102 kilogram.

Jangan Menggunakan Sandal Jepit

Selain nyaman, segala perlengkapan yang nantinya akan membalut tubuh ketika skydive juga harus aman. Jangan menggunakan sebuah sandal gunung, apalagi menggunakan sandal jepit. Sebaliknya, pilihnya sepatu yang pas dan nyaman di kaki. Ikat dengan kuat dan tepat, agar tak terlepas pada saat skydive.

Bagaimana sudah jelas dengan segala persiapan yang nantinya harus anda lakukan sebelum mencoba skydiving ? Kalau iya, pastikan anda bisa menjalankan semuanya agar nantinya anda dapat mencoba terjun bebas dengan pengalaman yang berkesan. Selamat mencoba.